Rabu, 05 Oktober 2011

Kasus Pemanfaatan Sosial Media

Media sosial merupakan sarana yang sudah tak asing lagi bagi kita yang digunakan untuk berkomunikasi  dan dilakukan secara online. Blog, jejaring sosial, dan forum merupakan beberapa contoh sarana media sosial. Dengan perkembangan jaman media sosial pun terus membuat inovasi - inovasi baru, contohnya pada jejaring sosial, dari mulai friendster yang sangat diminati banyak orang saat itu hingga bermunculan jejaring sosial yang baru seperti facebook, twitter, foursqure dan masih banyak lagi. Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat berhasil,jejaring sosial ini dibuat oleh Mark Zuckerberg, menurut harsil survey Indonesia adalah pengguna facebook terbesar didunia. 
Dalam media sosial anda dapat melakukan banyak hal, contohnya pada blog, banyak hal yang anda dapat lakukan dalam blog anda entah itu menceritakan diri sendiri, berbagi ilmu pengetahuan ataupun berjualan. Namun pernah ada kasus yang membuat orang hingga masuk penjara karena menuliskan sesuatu yang menurut sang pelapor itu merugikan nama baik kantornya, masih ingat dengan kasus Prita Mulyasari?ya, dialah orang tersebut ,ia mengeluh karena tidak puas oleh pelayanan suatu rumah sakit dan ia mencurahkan apa yang di alaminya di blog dia.Tidak pernah menyangka bahwa tulisannya menyeret dia kerana hukum dan prita pun masuk penjara dengan alasan pencemaran nama baik. Pernah terjadi pula pada jejaring sosial Facebook karena kesalah pahaman hingga berhujung dipihak yang berwajib,lagi - lagi dengan embel pencemaran nama baik.

Sebenarnya banyak hal positif yang akan anda dapat dari media sosial ini. Seperti di forum (indowebter, kaskus,indofiles,dll) disana menyediakan beragam macam suguhan informasi, tentang penjualan barang, sharing cerita, download software,download movie and manymore. Bahkan di Facebook pun yang tadinya mungkin hanya dijadikan tempat untuk mencari teman, sekarang beberapa orang menggunakan itu untuk berjualan.

Menurut pendapat saya, jadikanlah media sosial menjadi sarana dimana anda mampu memunculkan kretifitas anda, bagi yang suka menulis cerita buatlah blog dan asah kemampuan anda disana, hingga orang membaca dan menilai karya tulis anda. Berhati - hatilah dalam menuliskan kata - kata dalam media sosial karena apabila ada yang merasa durigikan mungkin akan berakhir panjang seperti apa yang terjadi pada kasus yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Manfaatkan media sosial menjadi sarana untuk menjalin komunikasi yang baik dengan relasi anda, bukan malah menimbulkan percecokan. Bagi anda yang senang berjualan,jualah barang - barang yang berkualitas dan janganlah membohongi pelanggan anda hingga merasa kecewa, dan para pembeli pun harus lebih cermat dalam memilih pemesanan barang secara online jangan sampai terjadinya penipuan. Tanpa kita sadari media sosial akan terus berkembang maka jadilah pengguna media sosial yang bijak :)

Leave a Reply

 
 

Link List

Recent Comments