Selasa, 24 Mei 2011

Manusia dan Tanggung Jawab

          Apakah tanggung jawab itu?sebenarnya sebagian dari anda pernah meraskan  bagaimana rasanya diberi pertanggung jawaban atas suatu posisi atau kedudukan atau anda pernah melakukan kesalahan sehingga anda harus bertanggung jawwab atas kesalahan anda tersebut.Pengertian dari Tanggung jawab itu sendiri adalah suatu keadaan dimana anda wajib menanggung segala sesuatunya. Tanggung jawab merupakan suatu tindakan yang yang dilakukan oleh seseorang atas perbuatannya sendiri. Manusia merasa bertanggungjawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaan bertanggungjawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan, dan takwa terhadap Tuhan.

         Terdapat beberapa macam tanggung jawab diantaranya adalah :
  • Tanggung jawab terhadap Tuhan
  • Tanggung jawab terhadap diri sendiri
  • Tanggung jawab terhadap keluarga
  • Tanggung jawab terhadap masyarakat
  • Tanggung jawab terhadap bangsa / negara 

Pengabdian dan Pengorbanan

        Pengabian dan pengorbanan merupakan salah satu wujud dari tanggung jawab. Mengapa demikian?karena pengabdian pada hakekatnya merupakan suatu rasa tanggung jawab. Misalnya kita sebagai warga negara Indonesia tentunya harus mengabdi kepada negara kita bentuk pengabdiannya misalnya ada yang sebuah pemerintahan yang dipimpin oleh presiden,pengabdian mereka atas kedudukan tersebut harus penuh rasa tanggung jawab karena apabila tidak ada rasa tanggung jawab akan banyak orang - orang yang seharusnya dipimpin dengan baik oleh mereka tetapi malah diterlantarkan.
        Pengorbanan merupakan salah satu dari rasa tanggung jawab juga karena tanpa adanya pengorbanan tanggung jawab terkadang sulit terjalankan dengan baik. Pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung keikhalasan yang tidak menganadung pamrih. Pengabdian dan pengorbanan berjalan dengan selaras karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan.Pengabdian lebih banyak menunjuk pada perbuatan sedangkan pengorbanan lebih banyak menunjuk pada pemberian sesuatu misalnya berupa pikiran, perasaan, tenaga, biaya. Dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.

Pada kesimpulannya menurut saya tanggung jawab akan terlaksanakan dengan baik apabila adanya kesadaran pada diri untuk berperilaku terpuji tentunya dengan pengabdian dan pengorbanan. Orang yang tidak memiliki pertanggung jawaban atas perlakuannya akan sulit dipercaya oleh orang lain. Jadilah orang yang bertanggung jawab atas perilaku anda,karena cepat atau lambat sekecil apapun yang anda lakukan pasti akan terbalas.






Leave a Reply

 
 

Link List

Recent Comments